Realisasi Pembangunan Jalan Lintas Darussalam TA 2024, Warga Apresiasi Program Pembangunan Kepada Bupati Afrizal Sintong

RCN (Rohil) - Pembangunan jalan di pelosok desa merupakan pilar penting dalam memajukan infrastruktur pedesaan, ibarat urat nadi yang terhubung pada desa-desa terpencil dengan dunia luar. Kolaborasi harmonis antara Pemerintah dan masyarakat setempat menjadi kunci dalam merealisasikan infrastruktur krusial.

Pembangunan jalan lintas Darussalam di Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat setempat. Jalan yang mulus memudahkan akses menuju area pertanian, sehingga memperlancar distribusi hasil bumi dalam memperlancar roda perekonomian seperti meningkatnya pendapatan petani.

Penunjang transportasi seperti yang tampak pada pembangunan jalan lintas Darussalam yang kokoh ini memungkinkan warga untuk melintasi sehingga mobilitas dan akses ke fasilitas umum menjadi lebih mudah.

Selain itu, infrastruktur ini juga berdampak positif pada sektor pendidikan dan kesehatan. Anak-anak dapat bersekolah dengan lebih mudah, sementara pasien dapat menjangkau puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya tepat waktu. Hasilnya, kualitas hidup masyarakat pedesaan meningkat signifikan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong yang telah membangun jalan lintas Darussalam di Kepenghuluan Darussalam ini dan kami berharap program pembangunan Desa Darussalam selanjutnya dapat berjalan lagi agar tidak ketinggalan dengan desa desa lainnnya,” ungkap Kadus Dusun 1 Kepenghuluan Darussalam Rudi Hartono mewakili warga setempat.

Warga setempat sangat berterima kasih kepada Pemkab Rohil dimana Bupati Afrizal Sintong, S.I.P.,M.Si telah merealisasikan program pembangunan sarana transportasi jalan di Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi melalui Pengusaha Kontraktor Garmanto perusahaan CV. Kembang Kasih sebagai Pelaksana pengerjaan pembangunan jalan lintas Darussalam yang menggunakan APBD Kabupaten Rohil TA 2024 tersebut.

TANTANGAN DAN KOLABORASI

Pembangunan jalan desa di Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi bukan tanpa tantangan, wilayah pedesaan tersebut memiliki topografi yang sulit, keterbatasan anggaran pengerjaan yang harus selesai tepat waktu dan akses material yang terbatas. Di sinilah pentingnya kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

Pemerintah menyediakan dukungan anggaran, perencanaan teknis, dan koordinasi. Sedangkan masyarakat berkontribusi dalam bentuk tenaga kerja, bantuan material, dan pengawasan pembangunan. Dengan saling bekerja sama, mereka dapat mengatasi kendala dan memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

PERAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN

Masyarakat memegang peranan vital dalam suksesnya pembangunan jalan desa dan jembatan. Mereka memahami kebutuhan dan kondisi setempat dengan baik. Wawasan ini sangat penting dalam menentukan lokasi, desain, dan prioritas pembangunan.

Partisipasi aktif masyarakat juga menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab. Mereka merasa dilibatkan dan ikut berkontribusi dalam kemajuan desa. Hal ini mendorong mereka untuk memelihara dan menjaga infrastruktur yang telah dibangun.

Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk melibatkan masyarakat sejak awal proses perencanaan dan pembangunan. Dengan mendengarkan aspirasi dan melibatkan mereka secara aktif, Pemerintah Daerah dapat memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun benar-benar sesuai dengan kebutuhan warga. (Rls/Alpin)


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar