Bagansiapiapi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus berupaya mempercepat pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat. Melalui program “Belacan Sedap” atau Beri la

riaucrimenews.com Bagansiapiapi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus berupaya mempercepat pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Melalui program “Belacan Sedap” atau Beri layanan cepat tanpa imbalan semua dokumen administrasi penduduk, Disdukcapil Rohil datang langsung ke wilayah terpencil untuk melakukan perekaman E – KTP.

Program jemput bola ini merupakan pelayanan keliling rekam dan cetak yang rutin dilakukan setiap akhir pekan di setiap kecamatan demi memudahkan masyarakat.

Setiap Minggu Disdukcapil keliling jemput bola dengan sasaran utama warga ditempat terpencil dan khusus bagi pemula atau anak SMA yang sudah kelas tiga agar langsung memiliki e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Rohil, Andi mengatakan, pelaksanaan perekaman KTP-el merupakan program jemput bola untuk mempermudah layanan kependudukan.

Kita akan terus melakukan perekaman di daerah terpencil agar percepatan layanan administrasi penduduk atau Adminduk di Kabupaten Rokan Hilir dapat terwujud,” ujar Andi.

Kadisdukcapil berharap, program perekaman KTP-el di setiap kepenghuluan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

“Sehingga upaya mempercepat dan mendukung akurasi terbangunnya database kependudukan di Kabupaten Rohil segera terwujud,” harap Andi.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, KTP wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi ketentuan, termasuk untuk membuat akte kelahiran dan surat nikah.

“Tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak memiliki KTP, KK dan Akte Kelahiran. Pemkab Rohil melalui Disdukcapil sengaja melakukan program jemput bola untuk meringankan masyarakat Rohil yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan atau adminduk,” tegas Bupati.

Bupati berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen seperti ini agar seluruh masyarakat Rohil bisa memiliki identitas yang lengkap. Sehingga jika ada program bantuan dari pemerintah masyarakat juga bisa mendapatkan nya.

Bupati juga mengintruksikan pelayanan publik di Rohil harus bisa memberikan yang terbaik dan kemudahan bagi masyarakat.

“Tidak hanya Disdukcapil, dinas lain seperti kantor desa, puskesmas, rumah sakit, bagian perizinan dan lainnya terus meningkat pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bupati.

Layanan ini pun sudah dirasakan oleh warga Suku Bonai, Kepenghuluan Babussalam Rokan, Kecamatan Pujud yang melakukan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dilakukan di kantor Kepenghuluan Babussalam Rokan, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya warga suku Bonai ingin mengurus ke Bagansiapiapi tentu sangat sulit membutuhkan biaya yang sangat besar, karena harus menginap dan mengeluarkan biaya transportasi.

Jumlah Kartu Keluarga (KK) yang tercetak untuk warga suku Bonai dalam kesempatan tersebut sebanyak 44 dokumen, KTP sebanyak 109 keping, Akte Kelahiran sebanyak 21 lembar dan KIA sebanyak 74 keping.

Dihadapan tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh masyarakat kepenghuluan Babussalam Rokan, Bupati Rohil mengajak seluruh tokoh masyarakat, alim ulama dan para pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat suku Bonai agar melakukan perekaman KTP – el.

Menurut Bupati, kebanyakan warga suku Bonai tidak memiliki KTP sehingga menyulitkan mereka untuk mengurus surat nikah dan menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri.

“KTP itu sangat penting, karena diperlukan untuk berbagai layanan. Melamar kerja butuh KTP, bikin SIM harus punya KTP, mau nikah harus punya KTP, syarat untuk bantuan sosial, jaminan sosial, dan untuk layanan publik lainnya KTP pasti dibutuhkan,” pungkas Bupati. (redaksi )


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar