Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Rokan Hilir

RIAUCRIMENEWS.COM (ROHIL) - Insfraruktur yang dibangun Dikabupaten Rokan Hilir merata disetiap kecamatan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan perekonomian agar masyarakat sejahtera dan makmur. Baru baru ini, Bupati Suyatno meresmikan jalan karya bakti, kepenghuluan panipahan darat dan jembatan penghubung kepenghuluan darat dengan kepenghuluan teluk pulai dengan panjangnya lebih kurang 303 kilo.

"Jalan itu dibangun berkat dari masyarakat, begitu mendapatkan informasi tersebut saya bersama dengan Komandan Kodim 0321 Rohil langsung berkoordinasi terkait akan langsung melakukan pembangunan yang rusak dikarenakan kondisi alam bencana.

"Itu makanya saya panggil dinas teknis coba cek lapangan kalau benar kondisi alam bencana kita secepatnya lakukan pembangunan, karena ini bencana alam kita koordinasi juga bersama pak Dandim," kata Suyatno.

Menurut orang nomor satu di Rohil ini, terkait dengan jalan yang baru dibangun tersebut sudah mirip dengan jalan nasional meskipun dibangun ditengah pemukiman masyarakat desa kepenghuluan. "ini sudah semacam jalan nasional, kenapa begitu, ini saya lihat sudah pakai les kuning ini," ujar Suyatno dengan logat bercandanya. 

Untuk Menindaklanjuti Kerusakan Jalan Lintas Kubu Libatkan PUPR Dan Perusahaan

Kendati di sibukkan dengan kegiatan kegiatan Rakornas Partai PDIP dijakarta, Bupati Rohil, H Suyatno tetap senantiasa mengikuti perkembangan yang terjadi didaerah, seperti masalah infrastruktur jalan lintas kubu yang saat ini mengalami kerusakan.

Kerusakan jalan lintas itu diakibatkan tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan ini yang membuat ruas jalan lintas tersebut mengalami kerusakan. Akibatnya menimbulkan dampak sosial lainnya bagi masyarakat seperti langkanya pasokan bahan kebutuhan pokok dan beberapa kebutuhan lainnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Suyatno langsung memerintahkan instansi terkait untuk segera menindaklanjuti kondisi jalan tersebut dengan langkah awal meminta bantuan perusahaan yang beroperasi dikecamatan untuk membantu kelancaran transportasi dengan menurunkan alat berat pada titik yang parah. Selain dari pada itu, Dinas terkait juga diminta mempersiapkan perbaikan awal jalan tersebut.

Alat berat perusahaan yang telah di standby kan dilokasi tersebut berupaya membantu kelancaran transportasi sambil menunggu persiapan yang dilakukan oleh instansi terkait seperti Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hilir.

Terpisah, Kadis PUPR rohil, Jon Syafrindow menyampaikan bahwa Alat berat sudah stand by dilokasi, dan kami sudah action, pekerjaan ini tidak bisa serta merta langsung kita kerjakan, kami mesti cari material yang pas dulu, yg nota bene material di Rohil ini tidak ada ready stock, harus diambil ke luar kota. "Alhamdulilah material sudah sampai dan mulai dikerjakan hari ini juga," Katanya.

Bupati Suyatno juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang melaporkan keluhan ini secara langsung maupun melalui media sosial. Peran serta masyarakat kita butuhkan untuk kepedulian kita bersama untuk kabupaten kita lebih baik.

Ia juga mengharapkan agar kita semua bijak dalam menggunakan medsos agar tak menjadi salah tafsir di masyarakat. Kubu sebagai salah satu kecamatan tertua di Rokan Hilir adalah bagian kita semua, dan saya bersama sama DPRD yang berasal dari dapil tersebut tetap berusaha memperjuangkan pembangunan ruas jalan lintas ini dan Insyaallah 2020 ini kegiatan tersebut dilaksanakan.

Di era digital ini semua apa yang dilakukan Pemerintah Daerah bisa di pantau dan monitor, contoh apakah proyek pembangunan jalan tersebut telah masuk pada anggaran atau tidak. Dan harapan kita semua pada 2021 nanti tak ada lagi ruas jalan utama di semua daerah Rokan Hilir yang rusak, ini prioritas Pemerintah Kabupaten yang sudah berjalan beberapa tahun ini. Anggaran dari Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir kita selaraskan agar semua titik di kecamatan kecamatan lainnya menjadi perhatian.

Kasubbag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol setda rohil, Hasnul Yamin SE menambahkan, banyaknya isu isu yang berkembang dimasyarakat tanpa di cek dulu kebenarannya akan membuat stigma negatif dan menyesatkan. Ini kita harapkan kebijakan dan kearifan semua pihak, Kita juga harus menghargai perjuangan Pemerintah Daerah bersama wakil kita di DPRD Kabupaten maupun Provinsi yang terus menerus mengupayakan ini demi masyarakat.

Peran serta kita semua sebutnya sangat diperlukan termasuk masyarakat agar semuanya bisa berjalan sesuai rencana, Apalagi infrastruktur menjadi prioritas Pemerintah Daerah saat ini agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk didalamnya Jalan lintas ujung tanjung, Pujud, Kubu, Pesisir Pedamaran serta Sinaboi Dumai melalui kolaborasi Anggaran Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir," Pungkasnya.

Bangun Pustu Dilabuhan Tangga Kecil

Jika tidak ada aral melintang, Pemerintah kabupaten (pemkab) akan membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di kepenghuluan labuhan tangga kecil, kecamatan Bangko. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sudah kita programkan pembangunan pustu baru tahun ini dengan anggaran sebesar Rp500 juta. Pustu yang lama sudah kurang layak digunakan, selain lokasinya kecil bangunannya juga menutupi salah satu sekolah dasar (SD)," Kata Bupati Rohil, H Suyatno AMp usai membuka turnamen gasing, baru-baru ini didaerah itu.

Pembangunan pustu baru sebutnya dipusatkan di depan kantor penghulu labuhan tangga kecil. "Lokasinya persis didepan kantor penghulu, karena dinilai sangat strategis dalam upaya memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan," Katanya.

Sementara itu, lokasi pembangunan pustu yang sebelumnya sebagai tempat Sarana olahraga gasing akan kita pindahkan ke jalan parit endang. "Lapangan gasing kedepannya dipusatkan di parit endang, karena lapangan yang lama akan dibangun Pustu baru," Pungkasnya. 


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar