Dukung UMKM, Ketua PKK Rohil Tinjau Pembuatan Terasi di Bagansiapiapi

RCN.com (Rohil) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK ) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Ny Sanimar Afrizal bersama wakil ketua PKK Sari Eka Rahmi melakukan melakukan kunjungan ke beberapa pelaku UMKM yang ada di Bagansiapiapi, Selasa (7/9/2021).

Salah satunya, Ketua PKK dan rombongan melakukan peninjauan terhadap produksi pembuatan sambal terasi sodap yang berada dekat masjid Agung Bagansiapiapi.

Terasi Sodap ini, merupakan binaan kelompok pelaksana Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Bagansiapiapi dibawah bimbingan PKK Kabupaten Rokan Hilir.

Selain itu, terasi sodap siap saji ini merupakan salah satu produk lokal yang dibuat secara tradisional dari bahan baku udang tanpa menggunakan zat pewarna dan pengawet.

Owner Terasi Sodap mengucapkan terimakasih kepada ketua PKK Rohil melalui binaan UP2K mereka bisa menjalankan usaha pembuatan berbagai macam terasi sebagai salah satu makanan khas ataupun oleh-oleh dari Bagansiapiapi.

"Semoga usaha ini bisa terus berkembang sehingga mampu menjadi penghasilan dan meningkatkan ekonomi keluarga serta menjadi contoh bagi masyarakat lain yang ingin bergerak di bidang usaha," paparnya.

Sanimar berharap kepada masyarakat Rohil yang datang ke Ibukota Bagansiapiapi agar tidak lupa membeli produk lokal seperti terasa sodap ini maupun jajanan lain agar produk lokal semakin berkembang.

"Kami sangat bangga adanya usaha UMKM seperti ini karena kegiatan para ibu dapat membantu perekonomian keluarga. Makanya pemerintah daerah melalui PKK sangat mendukung kegiatan seperti ini," ujar Ketua Dekranasda Rokan Hilir itu.

Pada kesempatan itu, Sanimar juga menyempatkan diri untuk mencoba bagaimana caranya mengolah terasi sodap mulai dari menggonseng terasi hingga membungkus terasi menjadi makanan siap saji.

Tidak hanya itu, Ketua PKK Rohil Sanimar Afrizal juga melakukan kunjungan ke beberapa pelaku UMKM lainnya seperti pembuatan keripik tempe di jalan Bintang, penjual madu di jalan nelayan Bagansiapiapi serta melaksanakan peninjauan hasil kerajinan tangan lokal yang ada di gedung Dekranasda Bagansiapiapi. (Red


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar