Resmi Dilantik Bupati, Direktur Utama PD. SPR Rahman Bertekad Majukan Usaha Milik Daerah

ROKAN HILIR- Setelah melalui proses fit and proper test, dewan direksi dan dewan pengawas PD.. Sarana Perusahaan Rokan Hilir (SPR) telah resmi dilantik oleh Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong.

Pelantikan dewan pengawas dan dewan direksi PD. SPR periode 2023- 2027 berlangsung di mess pemda, jalan Perwira Bagansiapiapi, Selasa (07/11/2023) sore.

Adapun susunan pengurus yang baru dilantik diantaranya, Tiswarni S.Pd., MSi sebagai Ketua Dewan Pengawas, Agus Salim Sp dan Rugiantoro S.Pd sebagai Anggota Dewan Pengawas. Sementara untuk Direktur Utama dijabat oleh Rahman SE dan Mahendra Fakhri SE selaku Direktur Keuangan BUMD PD SPR.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong selaku kuasa pemilik modal SPR. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan dan pembacaan fakta integritas oleh Tiswarni S.Pd.

Turut hadir dalam pelantikan itu para asisten, kepala OPD, Plt Direktur utama BUMD SPR yang lama Rahmad Hidayat, dan Direktur Keuangan Zulfakar serta undangan lainnya seperti tokoh masyarakat, pihak bank Rohil.

Dalam arahannya, Bupati Afrizal Sintong mengatakan pengurus baru dilantik ini telah melalui proses fit and proper test. Oleh sebab itu, Bupati yakin pengurus ini mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana aturan yang telah ditetapkan untuk memajukan BUMD SPR

“Saya selaku kepala daerah mengucapkan selamat dan tahniah atas pelantikan ini. Saya minta segera melaksanakan tugas sesuai perundang yang berlaku dan kami harap dapat bekerja dengan sebaik-baiknya,” jelas Bupati.

Bupati menambahkan, BUMD SPR baik itu SPBU di Bagansiapiapi maupun Bank Rohil harus bisa lebih berkembang lagi kedepannya. Oleh sebab itu, harus ada rencana kerja tahunan yang dibuat dan dapat membuka usaha yang baru agar bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

“Saya tidak ingin BUMD ini pengeluaran nya besar tapi hasilnya tidak ada. Harus ada langkah-langkah kerja yang matang, jangan hanya terpaut dengan SPBU saja, harus bisa mengembangkan usaha yang lain sehingga dapat memberikan deviden bagi daerah,” jelasnya.

 

Sementara itu, Rahman SE Dirut SPR mengucapkan terimakasih kepada pengurus lama SPR yang telah bekerja keras membesarkan BUMD SPR selama masa jabatannya. Dikatakannya, pengurus baru ini akan terus bekerja sebagai mana instruksi Bupati Rohil untuk meningkatkan penghasilan daerah.

“Kepada semua pihak baik itu wartawan, LSM dan masyarakat, kami juga mohon saran dan masukan nya untuk kemajuan BUMD SPR ini,”.pintanya.

Lebih lanjut disampaikan Rahman, setelah resmi dilantik pihaknya punya rencana untuk membangun kantor PD. Sarana Perusahaan Rokan Hilir (PD.SPR). Rencana pembangunan kantor itu agar masyarakat luas bisa tahu apa itu SPBU.

” Kedepannya kita mengedukasi masyarakat luas supaya tahu apa itu SPBU. SPBU Adalah Badan Usaha Milik Daerah, ” Kata Rahman.

Juga dijelaskan direktur utama, bahwa kedepannya PD. SPR akan mendapatkan PI (participating interest) dari Pertamina Hulu Rokan (PHR).

“Alhamdulillah kedepannya kita juga akan mendapatkan 200 miliyar participating interest (PI) dari Pertamina Hulu Rokan (PHR). Selama ini kita minta dana dari pemerintah, kedepan!nya tidak dari pemerintah lagi, itu dari PI dan kita kelola dengan cara membuka usaha, ” Ujarnya.

Dikatakan Rahman, peluang untuk mengembangkan PD. SPR sangat banyak yang bisa dilakukan di Rokan Hilir, salah satunya adalah memanfaatkan eks kantor DPRD Rokan Hilir untuk dijadikan perhotelan.

“Selama ini pemda rokan Hilir setiap ada acara dan butuh tempat nginap itu berhubungan dengan pihak perusahaan swasta diluar pemerintah. Kalau PD. SPR kita ini punya hotel tentu dapat menghasilkan usaha milik daerah dan membuka peluang kerja bagi masyarakat. Selain itu PD SPR juga bergerak di bidang migas, karena selama ini kita hanya menjadi penonton di bumi sendiri. Sementara di Rokan Hilir kita kaya, sumur minyak itu banyak sekali. Saat ini lah kita menjadi tuan di negeri sendiri, ” ungkapnya.

“Cukup lah selama ini kita dijajah, mulai kini kita kibarkan bendera PD. SPR kita ini . Perusahaan lokal tidak lagi sebagai pengemis di luar itu, jadi bagaimana kedepan bisa menyerap tenaga kerja dan PAD terus masuk ke Rokan Hilir,” tandas Rahman. (Advetorial). 


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar