Para Gubernur Tiba di Kaltim Bawa Air dan Tanah Untuk IKN, Ada RK-Ganjar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah) tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kaltim. (Foto: screenshot akun Instagram Pemprov Kaltim)

RCN.com (Kaltim) - Sejumlah gubernur sudah tiba di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk menghadiri kegiatan di titik nol ibu kota negara (IKN) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Para gubernur yang sudah tiba di antaranya Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Sumsel Herman Deru, hingga Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Baca Juga  Air dan Tanah dari 33 Gubernur Akan Digabung Dalam Kendi Nusantara di IKNi

Momen para gubernur tersebut tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, dipublikasikan oleh Pemprov Kaltim melalui akun Instagram resminya, @pemprov_kaltim, seperti dilihat detikcom, Minggu (13/4/2022) pukul 16.05 WIB. Selain gubernur, sejumlah wakil gubernur sudah tiba di Kaltim.

Momen kedatangan para Gubernur dan Wagub tersebut dipublikasikan melalui beberapa postingan Foto hingga video kedatangan mereka diunggah di akun Instagram Pemprov Kaltim.

Dari foto dan video yang diunggah, para gubernur dan wagub tersebut disambut oleh jajaran pejabat Pemprov Kaltim saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Mereka juga diberi cendera mata khas Kaltim.

Para gubernur tersebut juga membawa air dan tanah dari daerah masing-masing. Nantinya, air dan tanah tersebut akan dikumpulkan dalam satu wadah dan akan disimpan di IKN Nusantara. 

Berikut daftar gubernur dan wagub yang sudah tiba di Kaltim per pukul 16.05 WIB:

- Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar
- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan
- Wagub Babel Abdul Fatah
- Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
- Gubernur Aceh Nova Iriansyah
- Gubernur Riau H. Syamsuar
- Wagub Gorontalo Idris Rahim
- Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba
- Gubernur Sulut Olly Dondokambey
- Gubernur Jabar Ridwan Kamil
- Gubernur NTB Zulkieflimansyah
- Gubernur NTT Viktor Laiskodat
- Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman
- Gubernur Jambi Al Haris
- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah
- Gubernur Sumsel Herman Deru
- Gubernur Sultra Ali Mazi
- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
- Gubernur Sulteng Rusdi Mastura

Seperti diketahui, seluruh gubernur di Indonesia diundang oleh Presiden Jokowi datang ke titik nol IKN Nusantara. Mereka juga diminta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing.

Di titik nol IKN akan digelar ritual Kendi Nusantara, yang mana kendi tersebut menyimpan seluruh air dan tanah yang dibawa oleh para gubernur dari daerah masing-masing. Kegiatan tersebut akan digelar besok.

Gambar Patok Titik Nol IKN Nusantara, Lokasi Kemah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sendiri akan berkemah di titik nol IKN Nusantara. Presiden Jokowi akan berkemah besok hingga Selasa (15/3). 

 

Editor: Alpin

(Sumber Berita: news.detik.com


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar