Tahun 2024 Kepala Desa dan BPD akan Diberikan Sepeda Motor.


27 Desember 2023

KAMPAR – Kabar gembira kembali hadir bagi para Kepada Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) khsuusnya di Kabupaten Kampar pada tahun 2024.

Dimana pada tahun depan, direncanakan para Kepala Desa dan BPD akan diberikan satu unit kenderaan operasional Sepeda Motor dari Pemerintah Pusat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekdaprov Riau SF Hariyanto saat menerima Audiensi Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kampar, Rabu (27/12/2023).

Pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja Sekdaprov Riau Kantor Gubernur Riau tersebut, dihadiri langsung Ketua APDESI Kampar H Haris CH didampingi beberapa pengurus lainnya.

Hariyanto menyebut, memyampaikan bahwa menaggapi aspirasi kepala desa melalui Forum Apdesi. Pada tajun depan, insyaallah para kepada desa dan BPD akan menerima bantuan dua kendraan dinas dari pemerintah pusat untuk operasional 2024.

Lebih lanjut, SF Haryanto menjelaskan  bahwa sepeda motor ini merupakan Bantuan Khusus Keuangan (BKK) desa tahun 2024 yang dialokasikan untuk 10 Kabupaten Kota ada sebesar 1.5 Triliun rupiah. 

Dalam aggaran itu, di dalamnya terdapat biaya operasional untuk masing-masing desa sebesar 28 juta. Dengan bantuan ini, Haryanto berharap nantinya bisa menambah kelancaran kegiatan dalam bekerja.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar mengatakan, sepeda motor ini diberikan kepada kepala desa karena kondisi geografis wilayah tersebut yang memprihatinkan. 

Walau diberikan kepada BPD, mengatakan aset ini tetap milik Pemerintah desa. Untik itu, kebijakan Pemprov memberikan aset ini untuk dipinjam pakai oleh BPD, tapi asetnya tetap atas pemerintah desa,” terangnya”

Hal senada juga disampaikan Ketua APDESI Kabupaten Kampar M Haris CH, insyaallah pada Januri 2024, kami para kepada desa sudah bisa memberli kendraan ini melalui dana Bantuan Keuangan Khusus.

Mengenai jenis kendaraan bermotornya akan diserahkan kepada masing-masing desa. Hanya saja telah ditetapkan besaran anggaran untuk 2 unit motor tersebut sebesar 45 juta.

Mendapatkan apresiasi seperti itu, Haris mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Haris menyebut sejak 2012 atau sejak menjabat kades 2 periode baru kali ini kepala desa diberikan kendaraan bermotor oleh pemerintah.

Terima kasih atas bantuan sepeda motor untuk Kades dan BPD. Karena bukan itubsaja, biaya operasional yang diminta 12 juta saja, malah diberikan 28 juta. Mudah-mudahan, APDESI dan Pemda, Pemprov Riau selalu bisa mendukung Pemerintah pusat.”ujar Haris”. (Rilis)


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar