Lewat Pramuka Blok Tahun 2024, Anak Didik SMAN 5 Pekanbaru Semakin Mandiri

Kepsek SMAN 5 Pekanbaru H.Zahar, M.Pd

RCN.com (Pekanbaru) -  Kegiatan Pramuka Blok Tahun 2024, yang ditaja oleh SMAN 5 Pekanbaru, di Bumi Perkemahan Agropuro Rumbai, pada Senin-Jumat ( 26 Februari - 01 Maret 2024) merupakan kegiatan rutin tiap tahun ajaran bagi peserta didik yang baru (Kelas X) serta bagi anak didik yang belum pernah mengikuti sebelumnya, sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka , dimana pramuka ini adalah ekstrakurikuler wajib yang dituangkan dalam bentuk nilai karakter kepramukaan pada rapor kurikulum merdeka peserta didik. .

Tujuan kegiatan  pramuka blok adalah untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, perlu memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik baru di SMA Negeri 5 Pekanbaru dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang memiliki kepribadian dan berjiwa Pancasila.

Kepala sekolah SMAN 5 Pekanbaru Zahar, menerangkan bahwa kegiatan Pramuka Blok banyak sekali manfaatnya bagi anak didik seperti, pembekalan materi pengetahuan dan keterampilan kepramukaan bagi seluruh peserta didik baru, menanamkan disiplin dan mental yang lebih baik demi menumbuhkembangkan karakter peserta didik, menjalin kerjasama di antara peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan dan ajang lebih saling mengenal antara satu sama lain diantara sesama peserta didik dan dengan pendamping sangganya (gurunya sendiri).

"Berhubung animo peserta didik untuk mengikuti Pramuka Blok sangatlah banyak, maka pihak sekolah membaginya menjadi dua shift.Peserta didik kelas X.1 – X.6 yang dilaksanakan pada hari Senin-Selasa-Rabu ( Tgl 26-28 Februari 2024) untuk shift 1 dan peserta didik kelas X.7 – X.12 yang dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis-Jumat ( Tgl 28-29 Februari  dan 1 Maret 2024) menjadi shift 2," jelas Kepsek saat disambangi awak media di ruang kerjanya pada Selasa (05/03/2024).

Lanjut Zahar, untuk semua kegiatan tentunya tidak terlepas dari biaya, namun pihak sekolah tetap berupaya dan berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

"Sumber dana yang digunakan adalah dari dana BOS Reguler untuk kebutuhan pembayaran  honor pelatih dari tenaga profesional dan transportasi SMAN 5 Pekanbaru-Argopuro Rumbai dengan menggunakan bus dan sisanya dibebankan kepada peserta didik sebesar Rp. 154.000/orang, sudah barang tentu terlebih dahulu meminta persetujuan serta kesepakatan bersama orang tua peserta didik yang mengikuti dan komite sekolah.Biaya tersebut untuk kebutuhan peserta didik sendiri seperti sewa tenda, galon, perlengkapan memasak, air minum, biaya medis dan biaya sewa tempat yang dilengkapi dengan fasilitas air dan listrik serta keamanan.Bagi peserta didik tidak/kurang mampu, biaya tersebut tidak dibebankan, hanya saja peserta didik tersebut mempersiapkan bekal makananan sendiri selama perkemahan berlangsung," terangnya.

Terakhir Zahar berharap kegiatan Pramuka Blok tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi, karena  banyak hal yang positif yang didapat saat kegiatan berlangsung.

"Disamping yang terlibat dalam kegiatan ini adalah pelatih pelatih profesional kepramukaan dari luar, dan dibantu oleh guru-guru SMAN 5  Pekanbaru, kegiatan Pramuka Blok juga diisi dengan beberapa materi seperti Pembekalan dan Pemantapan Materi Kepramukaan, Penjelajahan / Hiking, Out Door Games dan Lomba antar Sangga, semuanya sangatlah bermanfaat bagi peserta didik untuk meraih masa cita cita dan masa depannya kelak," tutup Zahar. (Gln)


[Ikuti RiauCrimeNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar